Tinggal di apartemen berukuran studio bisa jadi tak nyaman jika kamu tidak pintar-pintar menata ruangan. Tempat yang sudah kecil akan makin terasa sempit dan sumpek karena penataan yang salah. Ini cara yang dapat kamu lakukan agar hunian apartemen studio terasa lebih luas dan enak ditinggali, seperti dikutip dari Refinery 29.

1. Penataan Vertikal

Kalau langit-langit apartemenmu cenderung tinggi, sebaiknya tata ruangan dengan cara vertikal atau ke atas. Buatlah lemari yang tingginya seiring dengan tinggi langit-langit, tapi tidak terlalu lebar ke samping. Lemari atau rak yang ditata menjulang ke atas akan memberi kesan ruangan lebih besar.

2. Pasang Kelambu Pada Tempat Tidur

Pasangan kelambu menggunakan gorden tipis dan transparan yang digantungkan pada tepian tempat tidur sebagai pemisah antara area tidur dan area lainnya. Selubung transparan akan memberi kesan ruangan lebih luas.

3. Pasang Cermin Besar

Cara efektif lainnya membuat ruangan terlihat dua kali lebih besar adalah dengan memasang kaca besar pada salah satu sisi ruangan. Kalau bujet kamu terbatas, tidak perlu membeli cermin besar. Gunakan beberapa cermin bentuk heksagonal atau segi enam dan tempelkan di dinding.

4. Pasang Karpet

Untuk memisahkan area ruang tamu dan keseluruhan ruangan, kamu bisa menaruh karpet di bawah sofa. Selain membuat tampilan apartemen lebih bervariasi, pemisah ruangan ini juga membuat tempat tinggalmu terasa lebih homey.

5. Rak Buku Sebagai Pembatas Ruangan

Untuk membatasi antar ruangan, taruh lemari buku, misalnya di antara ruang tamu dan tempat tidur. Selain hemat tempat, rak buku juga berfungsi menaruh berbagai pajangan atau perabotan yang kamu punya.

6. Cat Langit-Langit Dengan Warna Gelap

Fokuskan mata ke atas dengan mengecat langit-langit menggunakan warna gelap, untuk menciptakan kesan luas. Cukup satu warna gelap saja pada langit-langit, jangan ke seluruh ruangan.

7. Monokromatik

Jangan memakai banyak warna pada ruangan yang kecil karena akan membuat tempatmu terlihat makin sempit. Terapkanlah gaya penataan monokrom. Pilih furnitur yang warnanya senada dengan dinding.